PRIMBON


Primbon bagi sebagian orang merupakan suatu pedoman untuk melangkah dalam menjalani kehidupan di dunia ini, hal ini merupakan kewajaran bagi sebagian orang dan suatu keharusan bagian sebagian orang lainnya. Primbon kadang kala sering membuat mendapat kepercayaan akan langkah yang akan kita ambil untuk melakukan sesuatu. Misalnya, disaat kita akan melakukan pernikahan, sering kali kita menggunakan primbon ini, dan untuk mencari hari baik buat menggelar acara perhelatan pernikahan atau yang lainya.

Sering kita mendengar kalau primbon disamakan dengan ramalan, padahal sebetulnya primbon bukanlah suatu ramalan, primbon ini merupakan sebuah karya sastra yang adiluhung (menurut saya), dan perlu kita lestarikan. Primbon adalah sekumpulan tanda-tanda akan adanya peristiwa yang akan terjadi, dan hal ini tentunya sudah melalui pengamatan oleh yang membuat primbon. Primbon telah ada beratus-ratus tahun lalu, dan tentunya tidak sembarang orang yang bisa mengumpulkan tanda-tanda akan terjadinya peristiwa, kecuali oleh orang yang memang betul-betul linuwih, orang yang memiliki mata batin yang tajam, serta mempunyai rasa yang begitu dalam.

Primbon banyak sekali mengungkap tanda-tanda akan terjadinya suatu peristiwa atau kejadian yang akan dialami oleh seseorang yang mengalami tanda-tanda tersebut. Misalkan, kedutan/berkedut pada salah satu titik syaraf pada badan kita yang terus menerus (selama beberapa jam bahkan sampai berhari-hari). Mengamati watak dari seseorang dari hari dan weton kelahirannya, dan masih banyak lagi.

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengumpulkan berbagai karya sastra besar ini dalam blog saya buat. Hal ini untuk tujuan supaya karya besar yang adiluhung ini, PRIMBON, dapat lestari diera globalisasi.

Mudah-mudahan rangkuman primbon yang saya rangkum dari berbagai media dapat bermanfaat bagi kita semua.

  1. TAFSIR WETON
  2. TABEL WETON
  3. TAFSIR MIMPI
  4. TAFSIR KEDUTAN / BERKEDUT
  5. WUKU / PAWUKON
  6. ………………………….
  1. saya sependapat, banyak yang salah menafsirkan kalau primbon itu sebuah ramalan. hanya sependapat..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: